Jumat, 14 Juni 2013

Jawaban UAS TIK



UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA
MAGISTER PENDIDIKAN
Jl. Kusumanegara 157 Telp : (0274)564369, Fax. (0274)564369 Yogyakarta


SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GENAP 2012/2013
DIREKTORAT PASCASARJANA PENDIDIKAN
UST YOGYAKARTA

Mata Kuliah     :  Teknik Informatika dan Komputer
Program Studi  :  Manajemen Pendidikan
Semester          :  III (Kelas C)
Hari / tgl           :  Sabtu, 8 Juni 2013
D o s e n          :  Dr. Sumadi, M.Pd
S i f a t             :  Take Home


SOAL :
Suatu penelitian dengan judul PERBEDAAN KINERJA GURU DAN PROFESIONALITAS GURU ANTARA TIPE KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS, PERMISIF DAN OTORITER PADA SEKOLAH TAMAN DEWASA SE KODYA YOGYAKARTA.Adapun hipotesis yang akan diujiadalah:

1.      Ada perbedaan yang signifikan kinerja guru ntara tipeke pemimpinan demokratis, permisif dan otoriter
2.      Ada perbedaan yang signifikan profesionalitas guru antara    tipe  kepemimpinandemokratis, permisif dan otoriter
3.      Kinerja guru dengan  tipeke  pemimpnan  demokratis  lebih  baik  dari  tipekepemimpinan permisif dan otoriter
4.      Profesional  guru  dengan  tipe  kepemimpinan  demokratis  lebih  baik dari tipekepemimpinan permisif dan otoriter


LAKUKAN ANALISA DATA DENGAN SPSS untuk menguji hipotesis dengan data dibawahini :

NO
      A1
A2
     A3

  Y1
Y2
  Y1
Y2
Y1
Y2
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
53.0
58.0
62.0
58.0
60.0
58.0
61.0
60.0
55.0
58.0
50.0
48.0
57.0
53.0
57.0
55.0
52.0
52.0
50.0
51.0
49.0
45.0
56.0
53.0
53.0
53.0
51.0
64.0
55.0
56.0
111.0
114.0
112.0
111.0
123.0
119.0
126.0
127.0
124.0
121.0
125.0
126.0
125.0
123.0
119.0
121.0
126.0
121.0
110.0
124.0
119.0
112.0
113.0
112.0
104.0
116.0
113.0
111.0
122.0
105.0
65.0
63.0
65.0
60.0
69.0
63.0
66.0
60.0
67.0
63.0
61.0
67.0
65.0
67.0
64.0
61.0
67.0
57.0
58.0
59.0
57.0
60.0
69.0
62.0
62.0
68.0
58.0
58.0
68.0
69.0
110.0
105.0
122.0
123.0
107.0
95.0
111.0
104.0
104.0
97.0
107.0
109.0
111.0
112.0
123.0
107.0
96.0
106.0
103.0
107.0
124.0
110.0
112.0
93.0
99.0
102.0
106.0
110.0
108.0
105.0
68.0
60.0
72.0
66.0
73.0
73.0
67.0
67.0
57.0
68.0
56.0
56.0
67.0
61.0
65.0
68.0
59.0
61.0
67.0
59.0
61.0
67.0
63.0
68.0
71.0
67.0
67.0
59.0
63.0
66.0
102.0
103.0
102.0
105.0
104.0
98.0
101.0
94.0
103.0
106.0
105.0
109.0
95.0
109.0
108.0
104.0
101.0
100.0
105.0
102.0
101.0
101.0
108.0
106.0
109.0
101.0
109.0
103.0
107.0
104.0

A = TIPE KEPEMIMPINAN
( A1 =  PERMISIF, A2 = DEMOKRATIS, A3 = OTORITER)
Y1 = KINERJA GURU,Y2 = PROFESIONALISME GURU
RINGKASAN PEKERJAAN DIKUMPULKAN MELALUI BLOGER, DENGAN ALAMAT DI SMS KE NO HP 08122943134,
PALING LAMBAT TANGGAL 15 JUNI 2013





JAWABAN                     :   UJIAN AKHIR SEMESTER
MATA KULIAH             :   T I K
S I F A T                       :   TAKE HOME
DOSEN PEMBINA       :   DR. SUMADI, M.PD.
OLEH                           :   EDI SUTANTO
N  I M                           :   11081103 /  MPC 3 / 2013

Berdasar  analisis data manova Ujin Akhi Smester  TIK di atas dengan prpogram SPSS 16 adalah  sebagai berikut :
Uji hipotesis :
1.   Bahwa ada perbedaan yang signifikan kinerja guru antara  tipe  kepemimpinan  demokratis, permisif dan otoriter
2.   Bahwa ada perbedaan yang signifikan profesionalitas guru antara  tipe  kepemimpinan demokratis, permisif dan otoriter
3.   Kinerja guru dengan  tipe  kepemimpnan  demokratis  lebih baik dar i tipe kepemimpinan permisif dan otoriter
4.   Profesional guru dengan tipe kepemimpinan demokratis lebih baik dari  tipe kepemimpinan permisif dan otoriter

Untuk menganalis dengan MANOVA maka terlebih dahulu harus dilakukan :


A.  Uji homogenitas variansi


Levene's Test of Equality of Error Variancesa

F
df1
df2
Sig.
KINERJA GURU
.868
2
87
.423
PROFESIONALISME GURU
5.306
2
87
.007

Tests the null hypothesis that the error variance of the dependent variable is equal across groups.
a)      Design: Intercept + A

a)     H0 :Variansisama (homogen)
         H1 : variansi tidak sama (tidak homogen)
b)   Î± = 0.05
c)   Daerah kritis: H0 ditolak jika p value (Sig.) < 0.05
d)   Statistic Uji: P value (Sig.Y1) = 0.423
P value (Sig. Y2) = 0.007
e)   Kesimpulan:
ü   Karena nilai P value ( Sig. Y1 ) lebih besar dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa siginifikansi variabel Kinerja Guru adalah 0.423 yang berarti homogenitas terpenuhi.
ü  Karena nilai P value (Sig. Y2kurang atau lebih kecil dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa siginifikansi variabel Profesionalisme Guru adalah 0.007 yang berarti homogenitas tidak terpenuhi.

B.     Uji homogenitas matriks / covarian

Box's Test of Equality of Covariance Matricesa
Box's M
15.819
F
2.549
df1
6
df2
1.886E5
Sig.
.018
Tests the null hypothesis that the observed covariance matrices of the dependent variables are equal across groups.
a. Design: Intercept + A
a)      H0 : Matriks varian/ kovarian dari variabel dependen sama.
             H1 : Varian/ kovarian dari variabel dependen tidak sama
b)   Î± = 0.05
c)    Daerah kritis: H0 ditolak jika p value ( Sig. ) < 0.05
d)    Statistic Uji : P value ( Sig.Y1 ) =  0.18
e)    Kesimpulan :
       Karena p value ( Sig. ) > 0.05 maka H0 tidak ditolak sehingga dapat disimpulkanbahwa matriks varian/ kovarian dari variabel dependen sama sehingga MANOVA BISA DILANJUTKAN.


C.    UJI MANOVA

Multivariate Testsc

Effect
Value
F
Hypothesis df
Error df
Sig.

Intercept
Pillai's Trace
.998
2.298E4a
2.000
86.000
.000

Wilks' Lambda
.002
2.298E4a
2.000
86.000
.000

Hotelling's Trace
534.349
2.298E4a
2.000
86.000
.000

Roy's Largest Root
534.349
2.298E4a
2.000
86.000
.000

A
Pillai's Trace
.656
21.221
4.000
174.000
.000

Wilks' Lambda
.351
29.566a
4.000
172.000
.000

Hotelling's Trace
1.828
38.852
4.000
170.000
.000

Roy's Largest Root
1.818
79.062b
2.000
87.000
.000
a. Exact statistic
b. The statistic is an upper bound on F that yields a lower bound on the significance level.
c. Design: Intercept + A









Tests of Between-Subjects Effects
Source
Dependent Variable
Type III Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
Corrected Model
KINERJA GURU
1737.356a
2
868.678
44.479
.000
PROFESIONALISME GURU
3269.756b
2
1634.878
40.034
.000
Intercept
KINERJA GURU
334036.544
1
334036.544
1.710E4
.000
PROFESIONALISME GURU
1081971.378
1
1081971.378
2.649E4
.000
A
KINERJA GURU
1737.356
2
868.678
44.479
.000
PROFESIONALISME GURU
3269.756
2
1634.878
40.034
.000
Error
KINERJA GURU
1699.100
87
19.530


PROFESIONALISME GURU
3552.867
87
40.838


Total
KINERJA GURU
337473.000
90



PROFESIONALISME GURU
1088794.000
90



Corrected Total
KINERJA GURU
3436.456
89



PROFESIONALISME GURU
6822.622
89



a.  R Squared = ,506 (Adjusted R Squared = ,494)
b.  R Squared = ,479 (Adjusted R Squared = ,467)


UJI HIPOTESIS

1)       Hipotesis 1
a)   H0  :  Tidakterdapatperbedaankinerja guru ( Y1 ) antaratipe kepemimpinan
          demokratis, permisif dan otoriter.
H1 :   Terdapatperbedaankinerja guru ( Y1 ) antaratipe kepemimpinan demokratis,
          permisif dan otoriter.
b)    Î±  =  0.05
c)    Daerah  kritis : H0 diterima jika p value (Sig.) > 0.05
d)   Statistic Uji : Dari tabel Multivariate Tests didapat nilai P value ( sig ) =  0.000

e)   Kesimpulan  :
Karena P value ( Sig. ) < 0.05 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kinerja guru ( Y1 ) antara tipe kepemimpinan demokratis, permisif dan otoriter.
Selanjutnya dari tabel Tests of Between-Subjects Effects, menunjukkan  bahwa  hubunganantara tipe kepemimpinan ) dengan kinerja guru ( Y1 ) memiliki  tingkat signifikansi 0.000 ( <0 .05="" span=""> ). Hal ini menunjukkan  bahwa terdapat  perbedaan kinerja guruyang diakibatkan oleh perbed aan tipe kepemimpinan.


2)   Hipotesis 
a)    H0 :   Tidak terdapat perbedaan profesionalisme guru ( Y) antara tipe kepemimpinan   
  demokratis, permisif dan otoriter.
 H1  :   Terdapat perbedaan profesionalisme guru ( Y) antara tipe kepemimpinan
                demokratis,  permisif dan otoriter.
b)  Î± = 0.05
c)  Daerah kritis: H0 diterima jika p value (Sig.) > 0.05
d)  Statistic Uji: Dari tabel Multivariate Tests didapat nilai P value (sig)   0.000
e Kesimpulan :
Karena P value ( Sig. ) < 0.05 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan profesionalisme guru ( Yantaratipe kepemimpinan demokratis, permisif dan otoriter.
Sedangkan, hubungan antara tipe kepemimpinan  ( A ) dengan profesionaliseme ( Y2 ) memiliki nilai signifikansi sebesar 0.000 ( < 0.05 ). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat profesionalisme guru yang diakibatkan oleh tipe kepemimpinan.


 Hipotesis 3

3) Kinerja guru dengan tipe kepemimpnan demokratis lebih baik dari tipe kepemimpinan permisif dan otoriter.
Descriptives
Nilai

N
Mean
Std. Deviation
Std. Error
95% Confidence Interval for Mean
Minimum
Maximum
Lower Bound
Upper Bound
1
1613
54,8338
5,78907
,14414
54,5511
55,1166
20,00
64,00
2
1899
63,5371
3,86059
,08859
63,3634
63,7109
57,00
69,00
3
1942
65,0896
4,75534
,10791
64,8780
65,3012
56,00
73,00
Total
5454
61,5160
6,50557
,08809
61,3433
61,6886
20,00
73,00

Keterangan:
1= kepemimpinan permisif,
2 = tipe kepemimpinan demokratis,
3 = tipe kepemimpinan otoriter.
Dari hasil nilai rata-rata kinerja guru yang diperoleh dari  masing-masing tipe kepemimpinan yang ditunjukan pada tabel deskripsi di atas, dapat diketahui bahwa nilai rata-rata kinerja guru pada tipe kepemimpinan otoriter adalah 65,08 lebih baik dari tipe kepemimpinan demokratis yaitu 54,83 dan tipekepemimpinan permisifyaitu 63,53

Hipotesis  4.

4)   Profesionalisme guru dengan tipe kepemimpinan demokratis lebih baik dari tipe kepemimpinan permisif dan otoriter
Descriptives
Nilai

N
Mean
Std. Deviation
Std. Error
95% Confidence Interval for Mean
Minimum
Maximum

Lower Bound
Upper Bound

1
3535
118,1989
6,48805
,10912
117,9849
118,4128
104,00
127,00

2
3228
108,1648
7,89673
,13899
107,8923
108,4373
93,00
124,00

3
3105
103,6409
3,78134
,06786
103,5078
103,7740
94,00
109,00

Total
9868
110,3358
8,81854
,08877
110,1618
110,5098
93,00
127,00


Keterangan:
1 = kepemimpinan permisif,
2 = tipe kepemimpinan demokratis,
3 = tipe kepemimpinan otoriter.
Dari hasil nilai rata-rata profesionalime guru yang diperoleh masing-masing tipe kepemimpinan yang ditunjukan pada tabel deskripsi di atas, diketahui bahwa nilai rata-rata profesionalisme guru pada tipe kepemimpinan demokratis adalah 118,19;lebih baik dari tipe kepemimpinan permisif yaitu 108,16 dan otoriter yaitu 103,64